Thursday 27 April 2017

MA’RIFATUL QUR’AN (Pengertian Al-Quran)

pengertian Al-Quran


Al-Quran berasal dari kata : قَرأ - يقرأ - قرأنا-قراءة   berarti bacaan. Al-Quran adalah Kalamullah yang mulia dan terpelihara yang diturunkan oleh Allah lewat perantaan Malaikat Jibril kepada nabi Muhammad saw. dalam bahasa Arab, terdiri 30 juz, agar ia menjadi peringatan untuk  seluruh manusia. Sebagaimana firman Allah di bawah ini: 
إِنَّهُ لَقُرْءَانٌ كَرِيمٌ(77)فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ(78)لاَ يَمَسُّهُ إِلاَّ الْمُطَهَّرُونَ(79) تَنْزِيلٌ مِنْ رَبِّ  ا لْعَالَمِينَ(80)
“Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang amat mulia, pada kitab yang terpelihara tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam”. (56:75-80).
وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لِتُنْذِرَ أُمَّ ا لْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا…
“Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada Umul Qura dan penduduk-penduduk negeri sekelilingnya ... ”. (42:7).
Adapun secara syar’i,  Al-Quran adalah hudallillas, bayyinat minal huda dan furqon. Sebagaimana firman Allah di bawah ini:
الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ  ا لْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
“...Dia menurunkan Al-Quran di dalam bulan Romadhan, sebagai petunjuk bagi manusia, penerangan dan furqon ...”. (2:185).

Yang dimaksud huda adalah gambaran huruf dan lafadz yang jelas dan tegas yang termaktub di dalam Al-Quran 30 juz, dan bayyinat adalah gambaran huruf alam yang kongrit, yaitu ayat-ayat kauniyah, sedangkan furqon adalah yang memisahkan dua hal yang berbeda sebagai kesimpulan dari makna-makna huda dan bayyinat.


Load disqus comments

0 comments