Monday 22 May 2017

Cara Backup dan Restore Lesensi Windows 8.1 dan office 2016





Saya bersyukur postingan sebelumnya ternyata sangan membantu banyak orang. Maka saya akan melanjutkan postingan sebelumnya. 

Pada postingan kali ini saya akan memperluas lagi cakupannya. 

A. Backup/Restore Lisensi Key Win 8/8.1 :

Backup Lisensi Key Win 8/8.1 :

- Buka windows explore sobat klik tab View & beri tanda centang Hidden Items
- Pergi ke "C:\Windows\System32\spp\" kemudian backup folder "store". Terserah mau anda taruh di mana saja, yang penting aman..

***Attention***
Sebelum membuat backup, pastikan semua driver hardware terinstal dengan sempurna dan pastikan folder "store" berisi file dan folder sbb :

1 file data.dat which is hidden
1 file tokens.dat which is visible
1 folder cache yang berisi sebuah cache.dat

Restore aktivasi yang sudah di backup :

1. Setelah install ulang dan menginstal driver hardware yang diperlukan,, jalankan command slmgr -upk di CMD (as admin) untuk uninstall key nya jadi status aktivasi akan berubah menjadi Unlicensed.
2. Kemudian buka msconfig lewat Run (ketik msconfig di RUN). pilih tab Boot kemudian Safe boot, pilih Minimal, kemudian di apply dan restart.
3. Saat sudah rebooted dan masuk Safe mode, buka CMD as Administrator kemudian ketik "net stop sppsvc" untuk mematikan Software Protection Platform service (kadang kita mendapat pesan it's already stopped and not running)
4. Pergi ke "C:\Windows\System32\spp\" dan replace store folder dengan yang sudah kita backup tadi (cukup di copy paste untuk menimpa folder "store" dan isi-isi nya yang lama)
5. Pergi ke "Run" dan ketik "msconfig" kemudian pilih "Normal start up" di bagian tab General , kemudian di apply dan restart.
6. Cek status aktivasi, caranya buka cmd (as admin) >> ketik slmgr /dli atau slmgr/dlv atau slmgr /xpr
7. Voila!! Anda sudah berhasil mengaktivasi ulang windows 8 anda tanpa melalui skype,.. :)

B. Backup/Restore Lisensi Key Office 2013 : 

Backup Aktivasi Microsoft Office 2013
1. Untuk Windows 8, simpan folder “spp” yang ada di C:\Windows\system32\spp folder
2. Untuk Windows 7, simpan folder “OfficeSoftwareProtectionPlatform” yang ada di C:\ProgramData\Microsoft\OfficeSoftwareProtectionPlatform
3. Simpan serial number yang digunakan untuk aktivasi

Restore Aktivasi Microsoft Office 2013
Setelah melakukan install ulang Microsoft Office 2013 pastikan terlebih dahulu koneksi internet dalam keadaan disconnect, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Command Prompt/CMD dengan Run as Administrator
2. Untuk Microsoft Office 2013 32bit ketik kode berikut (cscript “C:\Program Files\Microsoft Office\Office15\ospp.vbs” /dinstid)
3. Untuk Microsoft Office 2013 64bit 32bit ketik kode berikut (cscript “C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office15\ospp.vbs” /dinstid)
4. Tekan “Enter” dan tunggu sampai proses selesai
5. Buka kembali Command Prompt sebagai Administrator
6. Ketik kode (cscript “%PROGRAMFILES%\Microsoft Office\Office15\ospp.vbs” /inpkey:(serial number yang digunakan saat meng-install
7. Tekan “ENTER” dan tunggu sampai installisasi product key sukses.

Setelah intallisasi product key sukses sekarang reboot/restart komputer atau laptop untuk masuk dalam keadaan Safe Mode . Jika sukses masuk ke safe mode lakukan langkah-langkah berikut:

1. Untuk Windows 7 timpa/replace folder “OfficeSoftwareProtectionPlatform” yang ada di :C:\ ProgramData\Microsoft\OfficeSoftwareProtectionPlatform dengan folder yang telah di backup atau disimpan sebelumnya.
2. Untuk Windowns 8 timpa/replace folder “Spp” yang ada di : C:\Windows\system32\spp folder dengan folder yang telah di backup atau disimpan sebelumnya.
3. Restart computer atau laptop
4. Buka Microsoft Office 2013
5. Selamat Microsoft Office 2013 sudah kembali aktif tanpa harus aktivasi lagi secara online.

Untuk Win 7 dan Office 2010,ane belum nemuin tutorial backup aktivasi secara manualnya. Jika agan/sista sekalian punya pengalaman backup/restore manual aktivasi Win 7/Office 2010 baik t hasil karya sendiri atau copas di website sebelah,mohon share ya. . . 

Insya Allah Berhasil 
Load disqus comments

0 comments